Arsitektur Komputer
Pendahuluan
Dalam
dunia teknologi saat ini kita mengenal istilah yang disebut komputer.
Komputer merupakan alat bantu yang digunakan manusia untuk mengerjakan
beberapa yang dpat memudahkan manusia dalam mengerjakannya seperti
perhitungan ataupun hal-hal yang lainnya. Komputer zaman dahulu mungkin
hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya
waktu teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang
dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun.
Seiiring dengan berjalannya waktu komputer pun mengalami revolusi atau
perubahan sesuai generasinya. Generasi-generasi komputer pun menjadi
beberapa generasi. Mulai dari komputer yang hanya bisa mengerjakan hal
yang sederhana hingga yang rumit. Bentuk maupun spesifikasinya pun
berbeda. Oleh karena itu komputer sangatlah membantu dalam pekerjaan
manusia
Pembahasan
1. Evolusi Arsitektur
Di
antara demikian banyak pemahaman tentang arsitektur, arsitektur dikenal
juga sebagai suatu tradisi yang berkembang. Dari waktu ke waktu wajah
arsitektur selalu mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi
perkembangan dan pengembangan arsitektur tidak hanya berupa keadaan
eksternal, tetapi juga keadaan internal. Dsini kita membahas mengenai
evolusi arsitektur pada komputer. Arsitektur dari komputer sendiri
merupakan suatu susuan tau rancangan dari komputer tersebut sehingga
membentuk suatukesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri
berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang.
Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan.
Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang
dibutuhkan manusia itu sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat
melakaukan perintah yang sulit sekalipun tidak seperti dulu yang hanya
bisa melakukan yang sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi
arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan kemampuannya.
2. Klasifikasi Arsitektur
Pada
komputer terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap
komputer tentunya memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas
mengenai klasifikasi arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von
Neumann.
Kriteria mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/O sistem
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor
2. Jumlah program yang dapat dijalankan
3. Struktur memori
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD (Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2. SIMD (Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3. MISD (Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4. MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya masing-masing,
3. Kualitas Arsitektur Komputer
Kualitas
arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik
atau tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik
dalam hal apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika
komputer tersebut tidak dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau
diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi inilah yang disebut dengan
kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu :
1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4. Kemudahan
penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem
untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut,
misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu,
kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan
generalitas.
5. Daya
terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam
jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit
untuk membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya
kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori
maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun
komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang
berjangkauan luas dalarn anggota rumpun.
4. Faktor Keberhasilan
Faktor
keberhasilan merupakan sesuatu yang membuat dapat terlaksananya suatu
hal yang dilakukan. Dalam komputer faktor keberhasilan merupakan sesuatu
yang ada pada komputer dimana hal itu membuat komputer dapat
melaksanakan tugasnya atau yang diperintahkan pengguna dengan baik.
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
1. Aplicability
Arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Maleability
Bila arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka akan lebih baik.
3. Expandibility
Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka akan lebih baik.
4. Comptible
5. Struktur Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
- Unit masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang dilakukan kepada komputer oleh pengguna
- Unit kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
- Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan
- Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan komputer
- Unit keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu inputan yang telah dimasukkan
Organisasi komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional. contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Organisasi komputer
bisa kita artikan sebagai cara bagi komputer (yang didesign oleh
manusia) dalam menkonsolidasikan diri mereka hingga membentuk suatu
performa yang diinginkan, seperti halnya organisasi yang sering kita
temukan, organisasi komputer ini juga memiliki tujuan, tujannya adalah
menghasilkan kerja komputer seperti yang diinginkan manusia sebagai
pembuatnya.
Referensi
http://lecturer.eepis-its.edu/~setia/ORKOMDwnld.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar